.

.

Ketela Pohon (Singkong)

Selasa, 06 Oktober 2015

Rp, 3.500/kg.

Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.


Singkong mengandung akar alami yang beracun cyanogenic, senyawa glikosida linamarin dan metil linamarin. Oleh karena itu, konsumsi singkong mentah dapat mengalami keracunan sianida dengan gejala muntah, mual, pusing, sakit perut, sakit kepala, dan kematian.
Secara umum, kandungan sianida jauh lebih tinggi di bagian kulit luarnya. Mengupas singkong akan mengurangi kandungan sianida termasuk pengeringan dengan sinar matahari dan perendaman. Kemudian dilanjutkan dengan mendidihkan singkong dengan  air garam cuka. Penguapan senyawa ini akan membuat singkong aman untuk dikonsumsi manusia.


Banyak sekali pemanfaatan dari singkong yaitu bisa diubah menjadi keripik singkong, tape, serta makanan tradisional yang sudah menjadi makanan umum penduduk Indonesia.
Singkong dibudidayakan oleh masyarakat Temangung pada musim hujan dan panen pada musim kemarau untuk memperolah kwalitas singkong yang bagus.

Jual Singkong

Beli Sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coment sesuai Postingan

 

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Favorit Pengunjung