.

.

15 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Rabu, 16 Agustus 2023

Mentimun adalah salah satu jenis sayuran buah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dalam bentuk segar. Nilai gizi mentimun cukup baik karena sayuran buah ini merupakan sumber vitamin dan mineral. Lantas, apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam timun? Lalu apa manfaat yang didapat dari mengkonsumsi timun? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel di bawah ini.


Kandungan Nutrisi pada Timun

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat di dalam timun. Kandungan gizi yang dimiliki timun cukup baik dan merupakan sumber vitamin serta mineral yang berkhasiat untuk kesehatan.
  • Energi: 15 kalori
  • Karbohidrat: 3,64 g
  • Protein: 0,65 g
  • Lemak total: 0,11 g
  • Serat: 0,50 g
  • Folat: 7,00 mikrogram
  • Niacin: 0,098 mg
  • Asam Pantotenat: 0,259 mg
  • Piridoksin: 0,040 mg
  • Riboflavin: 0,033 mg
  • Tiamin: 0,027 mg
  • Vitamin A: 105,00 IU
  • Vitamin C: 2,80 mg
  • Vitamin E: 0,03 mg
  • Vitamin K: 16,40 mikrogram
Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Setelah memahami lebih jauh tentang buah timun serta kandungan nutrisinya, kini saatnya mengetahui sejumlah manfaat timun bagi kesehatan.

1. Menjaga dari Dehidrasi

Buah timun terdiri dari 95% air yang membantu menjaga tubuh dehidrasi dan mengisinya kembali dengan menghilangkan racun. Kandungan air yang tinggi di dalam timun berfungsi sebagai pembersih sistem dan menyapu produk limbah keluar dari sistem.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi kalian yang memiliki tekanan darah tinggi, timun bisa jadi solusinya. Sebab, timun kaya akan serat, kalium, dan magnesium yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, ekandungan kalium dan airnya yang tinggi membuat sifat diuretiknya menjadi ringan, sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah.

3. Mengurangi Lingkaran Hitam di Mata

Memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau sering disebut juga mata panda tentu tidak baik untuk kesehatan. Hal ini dapat terjadi karena kalian kurang tidur atau menderita penyakit tertentu.

Nah, bagi kalian yang ingin menghilangkan mata panda caranya gampang banget. Siapkan satu buah mentimun lalu irislah tipis-tipis, setelah itu ambil beberapa irisan timun dan tempelkan di atas mata selama 8-10 menit. Cara tersebut dilakukan untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Timun juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut yang bikin kamu nggak percaya diri saat berbicara. Timun dipercaya dapat membantu melepaskan kelebihan panas di dalam perut yang menjadi faktor utama timbulnya bau mulut.

Cara penggunaannya cukup mudah, pertama irislah timun secara tipis-tipis lalu tempelkan di langit-langit lidah menggunakan tangan selama 30 detik. Selama timun menempel, terjadi reaksi kimia di dalam timun yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

5. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat timun berikutnya yakni dapat mengatasi kulit kering. Hal ini disebabkan oleh kandungan air yang tinggi dan sifat antiinflamasi dari timun yang dapat mengatasi permasalahan kulit kering, misalnya luka akibat terbakar matahari.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama potong timun menjadi beberapa bagian lalu dibuat jus. Setelah jus timun sudah jadi, campur dengan yogurt atau air perasan lemon. Bila sudah, oleskan ke kulit yang kering dan diamkan sekitar 10-15 menit.

6. Menyegarkan Kulit

Selain mengatasi kulit kering, jus timun juga bermanfaat untuk menyegarkan kulit yang kusam. Hal ini disebabkan oleh kandungan potasium di dalam buah mentimun yang sangat cocok untuk merawat kulit tubuh dan wajah.

Caranya sama seperti sebelumnya, iris tipis-tipis buah timun lalu diblender. Setelah timun berubah menjadi jus, kemudian oleskan secara perlahan ke seluruh tubuh agar kulit tampak lebih segar dan bersih.

7. Memperkuat Rambut dan Kuku

Manfaat berikutnya dari buah timun yakni dapat memperkuat pertumbuhan rambut dan kuku. Sebab, di dalam timun terdapat banyak kandungan silika yang baik untuk perawatan serta pertumbuhan kuku dan rambut.

8. Membantu Mengurangi Keriput

Bagi kalian yang khawatir mengalami keriput di wajah, buah timun bisa jadi solusinya. Soalnya, biji yang terdapat di dalam timun mengandung potasium dan vitamin E yang membantu mengurangi keriput, garis halus, noda, dan tanda penuaan lainnya di kulit.

9. Mengurangi Bintik Hitam

Manfaat timun selanjutnya bagi kecantikan wajah adalah mengurangi bintik-bintik hitam. Berkat sejumlah kandungan vitamin dan nutrisi di dalam timun, hal ini dapat mengurangi efek bintik hitam yang bikin kamu kurang percaya diri.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu bisa menggunakan buah timun sebagai masker wajah alami. Pertama, cuci sampai bersih buah timun dengan air, setelah itu potong menjadi beberapa bagian lalu diblender.

Setelah timun berubah menjadi jus, gunakan cairan tersebut menjadi masker wajah. Oleskan jus timun ke seluruh wajah dan tunggu sampai beberapa menit agar timun bereaksi, setelah itu bilas dengan air bersih dan rasakan manfaatnya.

10. Mengatasi Jerawat

Kandungan vitamin C di dalam buah timun juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat lho. Cara menggunakannya juga praktis, gunakan masker dari timun dan oleskan ke wajah secara rutin saat sebelum tidur. Agar lebih cepat mengatasi jerawat yang membandel, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam masker timun.

11. Mengandung Antioksidan

Timun mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Sebagai informasi, antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang memicu sejumlah penyakit berbahaya, seperti jantung, paru-paru, dan autoimun.

12. Menurunkan Berat Badan

Manfaat timun selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. kandungan kalori dalam 300 gram timun hanya sebesar 45 kalori saja.

Nggak perlu khawatir ketika mengkonsumsi timun dalam jumlah banyak. Akan tetapi, sebaiknya imbangi juga dengan olahraga rutin agar berat badan cepat turun.

13. Mencegah Diabetes

Timun dapat membantu mengurangi kadar gula darah serta mencegah penyakit diabetes. Hal ini dibuktikan setelah melakukan penelitian terhadap sejumlah hewan.

Meski begitu, penelitian ini harus dibuktikan lebih lanjut lagi terhadap manusia. Apakah terbukti kalau timun dapat mempengaruhi gula darah dan mencegah diabetes.

14. Melancarkan BAB

Apakah kalian sering mengalami sembelit? Cobalah konsumsi timun secara rutin. Sebab, timun mengandung banyak air dan dapat meningkatkan hidrasi. Karena terhidrasi, hal ini dapat meningkatkan konsistensi feses, mencegah sembelit, serta menjaga kesehatan usus.

15. Mengurangi Bau Mulut

Manfaat timun yang terakhir adalah dapat mengurangi bau mulut. Sebab, serat dan kandungan air pada timun dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga dapat membasmi kuman dan bakteri di dalam mulut.


Cara Menyimpan dan Mengolah Timun

Ketika kalian membeli timun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyimpannya. Berikut cara penyimpananya:

1. Cuci timun menggunakan air sampai bersih

2. Setelah itu keringkan timun menggunakan tisu

3. Tempatkan timun di dalam kontainer kulkas, jangan ditaruh di freezer karena akan      merusak  timun

4. Jaga suhu kulkas agar tidak terlalu dingin, jangan sampai di bawah 10 derajat celcius.

Efek Konsumsi Timun Berlebih



Walau memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, namun bila mengkonsumsi timun secara berlebih juga dapat memberikan efek samping. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi timun dalam jumlah yang cukup agar bisa merasakan manfaatnya.

Timun memiliki sifat diuretik yang ringan. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, diuretik dapat mengeluarkan banyak cairan berlebih dari dalam tubuh, hal ini dapat menghambat keseimbangan elektrolit. Dalam kondisi yang lebih parah, kamu bahkan bisa mengalami dehidrasi.

Selain itu, kandungan kalium dan sifat diuretik pada timun dapat membantu mengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi. Namun, mengkonsumsi timun dalam jumlah banyak justru sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah (hipotensi), karena dapat menyebabkan tekanan darah semakin menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coment sesuai Postingan

 

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Favorit Pengunjung