.

.

8 Manfaat Tak Terduga Makan Bawang Putih

Selasa, 18 Desember 2018

Salah satu bumbu kuliner yang harus tersedia dalam masakan Indonesia adalah bawang putih. Karena bawang putih dibutuhkan untuk memasak di hampir semua dapur. Rasa yang kuat tentu akan efektif saat menambahkan rasa pada hidangan yang disajikan. Selain menjadi bumbu kuliner yang efektif, bawang putih juga efektif dalam melindungi terhadap beberapa jenis penyakit. Apa manfaat kesehatan bawang putih?


Manfaat bawang putih untuk kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Postgraduate Medicine, mengkonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan membantu secara signifikan mengurangi tingkat kolesterol.

Sementara itu, penelitian lain dilakukan oleh para ahli di Universitas Ilmu Kedokteran. Rafsanjana juga mengungkapkan manfaat bawang putih, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh saat dikonsumsi mentah. Untuk mendapatkan kesimpulan ini, peserta penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Farmasi Pakistan diminta untuk mengkonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari.

2. Mengendalikan tekanan darah


Terbukti bahwa kandungan polysulfide dalam manfaat bawang putih mampu mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi. Menurut jurnal ilmiah Maturitas, polysulfide akan membantu memperluas dan membuka pembuluh darah sehingga mereka tidak merasa terlalu banyak tekanan. Tidak mengherankan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur selama tiga bulan mengurangi tekanan darah hingga 10 mmHg.

3. Menjaga kesehatan otak


Berbagai gangguan yang mempengaruhi otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia, tampaknya dapat dicegah dengan makan bawang putih. Studi terbaru dalam Journal of Neurochemistry telah menunjukkan bahwa S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang mengandung bawang putih dapat menjaga otak dari berbagai gangguan kognitif. Unsur kimia dalam bawang putih bertanggung jawab untuk mencegah akumulasi plak atau zat berbahaya dalam sistem saraf pusat.

4. Mengatasi jerawat


Doris Day, MD, seorang dokter kulit dan penulis 100 Pertanyaan Jerawat dan Jawaban, berpendapat bahwa manfaat dari jerawat bawang putih dapat berhasil karena bawang putih memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

Pernyataan itu juga disetujui oleh Rachel Wood, seorang ahli gizi di Charlottetown, PEI. Menurutnya, keefektifan bawang putih sangat membantu melawan peradangan berkat zat kimia alamiahnya yang disebut allicin. Allicin dalam bawang putih dapat membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya di dalam tubuh yang menyebabkan jerawat.

Manfaat makan bawang putih mentah

Selain fakta bahwa bawang putih disiapkan dan ditambahkan sebagai bumbu, bawang putih juga memiliki kelebihan jika dimakan mentah. Mungkin metode makan bawang putih untuk kesehatan ini tidak biasa bagi Anda. Namun terkadang proses memasak dan pengolahan bawang putih menyebabkan hilangnya berbagai nutrisi dan bahan penting.

Itulah sebabnya makan bawang putih mentah, seperti buah, dapat memastikan bahwa semua nutrisi penting tidak hilang. Jika Anda makan bawang putih mentah secara teratur setidaknya dua kali seminggu, Anda bisa mendapatkan manfaat bawang putih berikut.

1. Menurunkan risiko kanker


Manfaat makan bawang putih kaya senyawa sulfur biologis aktif. Menurut Institut Kanker Nasional AS, senyawa ini dapat mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sulfur aktif secara biologis berfungsi untuk memulihkan atau menghancurkan sel-sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari karsinogen dan menekan penyebaran sel-sel yang tidak sehat.

Berbagai penelitian ilmiah di seluruh dunia telah membuktikan keefektifan mengonsumsi bawang putih mentah untuk menghancurkan atau mengurangi berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru-paru.

2. Mencegah penyakit jantung


Selain itu, kabar baik berasal dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition. Studi ini menemukan bahwa manfaat bawang putih mentah dapat membantu mengurangi pembentukan plak di arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung. Makan bawang putih mentah juga membantu mencegah pembentukan dan akumulasi plak di arteri koroner. Ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang memiliki berbagai gangguan dalam kerja jantung dan metabolisme.

3. Meredakan infeksi, radang, dan pilek


Penyebaran penyakit yang cukup umum dapat dikurangi dengan makan bawang putih mentah, yang kaya akan allicin. Senyawa aktif allicin dalam bawang putih memiliki fungsi antiviral, antimikroba dan antijamur yang efektif dalam membunuh berbagai organisme yang dapat menyebabkan penyakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan di jurnal Advances in Therapy membuktikan bahwa manfaat bawang putih yang dikonsumsi mentah selama musim flu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sementara juga mencegah penyakit.

4. Mengatasi rambut rontok


Siapa yang menyangka bahwa penggunaan bawang putih mentah dapat memecahkan masalah kerontokan rambut, yang sangat menjengkelkan? Alopecia atau kebotakan disebabkan oleh penyakit autoimun, dan bawang putih mentah dapat membantu Anda memperkuat dan menstimulasi pertumbuhan rambut di kulit kepala. Beberapa orang bahkan menaruh gel bawang putih di kepala mereka untuk mencegah kebotakan.

Tips menghindari mulut bau bawang

Berbagai manfaat makan bawang putih mentah yang disebutkan di atas jelas memalukan jika Anda melewatkannya. Namun, daripada mengambil manfaat dari makan bawang putih mentah, itu dapat menyebabkan bawang harum yang tidak menyenangkan. Untuk menghindari bau mulut bawang dari makan bawang putih mentah, cobalah tips ini terlebih dahulu.

  • Cuci bawang putih mentah dengan air dingin.
  • Makan bawang putih mentah dengan daun seledri atau daun basil agar rasa brokoli tidak terlalu pedas.
  • Minum segelas susu skim atau makan yogurt tanpa rasa setelah makan bawang mentah
  • Sikat gigi Anda dan bilas mulut Anda secara menyeluruh dengan cairan pembersih setelah makan bawang putih mentah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coment sesuai Postingan

 

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Favorit Pengunjung