.

.

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Multi Manfaat

Rabu, 19 Desember 2018

Daun intaran atau daun mimba, yang dalam bahasa Inggris disebut pohon neem, adalah tanaman yang memiliki jutaan keunggulan. Tidak hanya daun, ternyata satu pohon olehnya dari kulit batang, biji, akar, bunga dan buahnya dapat digunakan untuk kesehatan. Apa manfaatnya? Lihat di bawah.


Sekilas tentang tanaman mimba

Tanaman nimba dengan nama asli Azadirachta indica adalah tanaman yang dapat ditemukan di negara-negara tropis seperti India, Pakistan dan Indonesia.

Tanaman ini dapat ditemukan di hampir semua wilayah. Hampir semua bagian pohon memiliki sifat penyembuhan. Seringkali, bagian dari tanaman neem ditambang, diminyaki, atau direbus untuk minum air.

Bagian-bagian pohon mimba dan segudang fungsinya

Daun nimba digunakan untuk kusta, gangguan penglihatan, mimisan, cacing usus, sakit perut, kehilangan nafsu makan, gejala ulkus lambung, penyakit jantung, penyakit jantung, demam, penyakit gusi, dan penyakit hati.

Saree kulit batang digunakan untuk mengobati malaria, penyakit kulit, rasa sakit dan demam. Kulit pohon pada waktu tertentu menghasilkan sejumlah besar cairan. Cairan ini digunakan di India sebagai obat untuk penyakit perut.

Bunga dari pohon ini juga dapat digunakan untuk mengobati wasir (wasir), cacingan, gangguan saluran kemih, dahak, luka dan lepra.

Cabang Neem digunakan untuk mengobati batuk dan asma. Biji dan minyak dari pohon ini digunakan untuk mengobati kusta dan cacing usus. Batang, akar dan buah dari pohon ini dapat digunakan sebagai tonik untuk wajah.

Apa saja fungsi daun mimba bagi tubuh?

1. Antioksidan

Antioksidan membantu melindungi semua sel Anda dari kerusakan radikal bebas. Daun nimba mengandung banyak flavonoid, seperti quercetin, catechin, karoten, asam askorbat. Semua komponen ini adalah sumber antioksidan. Tidak mengherankan bahwa tanaman neem sering digunakan sebagai obat kulit. Selain itu, daun nimba memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi.

Senyawa ini membantu mengurangi kemungkinan kerusakan sel kulit mati. Bahkan, antioksidan pada tanaman nimba juga menjadi antiseptik, sehingga dapat membantu mengatasi jerawat dan kemerahan pada wajah.

2. Antikanker

Daun nimba dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah kanker. Sekresi daun nimba yang efektif dapat menekan karsinogen dalam tubuh.

Pada halaman Livestrong, ekstrak daun nimba diyakini memiliki sifat anti-kanker yang membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

Sebuah studi pada 2012 di Archives of Gynecology and Obstetrics menunjukkan bahwa pasien dengan kanker serviks yang menerima perawatan medis dan ekstrak nimba dapat mencegah peningkatan keparahan sel kanker untuk mengurangi risiko kematian akibat kanker serviks. Sementara itu, dalam penelitian lain dilaporkan bahwa ekstrak neem memiliki efek antitumor pada pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Antimikroba

Daun nimba memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan mikroba berbahaya (kuman). Studi yang dilakukan pada tahun 2011 di Dental Journal menunjukkan bahwa minyak neem, terbuat dari biji pohon, dapat mengurangi pertumbuhan mikroorganisme di rongga mulut.

Daun nimba juga mengandung senyawa aktif biologis yang disebut alkaloid, steroid, dan flavonoid, serta tannin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E. coli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coment sesuai Postingan

 

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Favorit Pengunjung