.

.

Selain untuk Penyedap Makanan, Ini 4 Manfaat Daun Sage untuk Kesehatan

Rabu, 19 Desember 2018

Sage adalah tanaman herbal yang daunnya sering digunakan sebagai obat. Dalam makanan, biasanya digunakan sebagai bumbu dan rempah-rempah. Berada di industri asuransi dalam industri manufaktur, Sage secara luas digunakan sebagai komponen wewangian dalam sabun dan kosmetik. Tidak hanya orang bijak memiliki berbagai manfaat kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari.


Mengenal kandungan daun sage

Salvia adalah tanaman asli yang berasal dari pantai utara Mediterania. Tanaman ini, yang memiliki nama ilmiah Salvia officinalis, masih dalam keluarga yang sama seperti oregano, lavender, rosemary, thyme dan basil. Tanaman sage memiliki daun dan bunga hijau keabu-abuan. Sekitar 900 spesies bijak didistribusikan ke seluruh dunia. Diketahui bahwa orang bijak mengobati berbagai penyakit dari gangguan mental hingga gangguan sistem pencernaan. Juga diketahui bahwa kandungan antioksidan dalam daun sage sangat baik untuk kesehatan.

Nutrisi yang terkandung pada sage

Sage kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin. Satu sendok teh ekstrak daun sage mengandung berbagai nutrisi penting, yaitu:
  • 3 gr magnesium
  • 1 gr fosfor
  • 7 gr kalium
  • 2 mikrogram folat
  • 24 mikrogram beta karoten
  • 41 IU (international units) vitamin A
  • 12 mikrogram vitamin K
Sage juga mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, yaitu:
  • 1.8-Cineole
  • Camphor
  • Bornel
  • Bornyl asetat
  • Camphene

Berbagai manfaat daun sage untuk kesehatan

Selain sebagai bumbu masakan, berikut ini berbagai manfaat daun sage yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Menurunkan gula darah dan kolesterol

Keuntungan pertama daun sage adalah gula darah rendah dan kolesterol. Studi yang dilakukan pada 40 orang dengan diabetes dan kolesterol tinggi telah menunjukkan bahwa daun sage memiliki kontrol yang efektif, yang mengarah pada satu kesimpulan: daun sage dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu mengendalikan kolesterol total, trigliserida dan kolesterol jahat. Penelitian ini dilakukan setelah pasien diberi sari daun sage selama tiga bulan.

2. Pengobatan Alzheimer

Dua jenis bijak, Salvia officinalis dan Salvia lavandulaefolia, dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan melindungi otak dari gangguan neurologis. Dikutip dari Web MD, diketahui bahwa menggunakan ekstrak bijak dari dua spesies yang berbeda selama 4 bulan dapat meningkatkan pembelajaran, memori dan informasi pada orang dengan penyakit Alzheimer dari tingkat keparahan ringan hingga sedang. Penelitian lain menunjukkan bahwa daun sage dapat meningkatkan daya ingat pada orang muda yang sehat.

3. Kontrol peradangan

Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa senyawa tertentu dalam daun sage memiliki sifat anti-inflamasi. Studi ini mempelajari efek senyawa ini pada peradangan fibroblas gusi, yaitu sel-sel di jaringan ikat gusi. Akibatnya, pengenalan ekstrak bijak dapat mengurangi peradangan di bagian ini.

4. Mengurangi gejala menopause

Manfaat daun sage terakhir dapat mengurangi ketidaknyamanan yang sering terjadi saat menopause. Studi menunjukkan bahwa mengambil ekstrak bijak (Sage Menopause, Bioforce AG) selama 8 minggu dapat memperbaiki gejala menopause pada wanita, terutama hot flashes.



Hot flashes adalah perasaan panas yang tiba-tiba dapat terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Biasanya rasa panas ini terjadi pada wajah, leher dan dada. Ketika kilatan panas dapat dirasakan, kulit Anda menjadi hangat, berkeringat (terutama di bagian atas tubuh), wajah memerah, palpitasi jantung dan kesemutan di jari-jari.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa menggunakan ekstrak bijak (Salvia officinalis) dan ekstrak alpha-alpha selama tiga bulan dapat mengurangi kilatan panas dan berkeringat di malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coment sesuai Postingan

 

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Favorit Pengunjung